Senin, 01 Agustus 2011

Felt dan Flannel

Kain Felt dan Flannel ada yang bilang sama dan ada juga yang bilang beda. Kain felt biasanya digunakan untuk keterampilan membuat boneka atau aplikasi pada baju anak-anak, biasanya dijual perlembar kira-kira 40cm x 40cm, dengan warna-warna polos tanpa motif dan permukaannya agak berserabut. Sedangkan flanel permukaannya lebih lembut dan ada yang memiliki motif atau gambar, biasanya dibuat untuk selimut dan perlengkapan bayi. Tapi kebanyakan orang bilang felt atau flannel itu sama (bahan polos untuk kerajinan)

Felt ada juga berupa gumpalan seperti kapas/dakron atau nama lainnya Felt wool, Fleece, atau Merino wool , hanya sayang di Indonesia belum ada. Felt tersebut bisa dibentuk berupa miniature 3D atau dibentuk bola-bola dan di kreasikan kembali.

Saat ini, kain Felt atau Flanel dikenal sebagai salah satu bahan yang dapat di kreasikan dalam membuat aneka produk handicraft. Kelebihan dari kain Felt ini adalah warna-warnanya yang beragam dan menarik serta kemudahaannya untuk di kreasikan mejadi berbagai macam bentuk sesuai keinginan, sehingga kain Felt menjadi cukup populer dikalangan para penggemar handicraft

Dalam mengkreasikan kain Felt/Flanel ini dapat dikombinasikan dengan berbagai pernak-pernik atau manik-manik yang berkilau dan  berwarna-warni sehingga menambah daya tarik kain Felt yang di kreasikan.Kain Felt tersebut dapat di kreasikan menjadi berbagai macam bentuk dan fungsi baik untuk Pajangan , sebagai Souvenir dan aksesoris cantik lainnya. Bentuk tersebut dapat dikreasikan menjadi : Boneka lucu, hiasan rambut, gantungan kunci
 magnet kulkas, Tas unik, tempat tissue, kantung botol, hiasan bando dan masih banyak lagi bentuk yang  dapat di kreasikan.





Sumber: Google

6 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...